Innovative Governent Award (IGA) Tahun 2023
Diposting pada : 11 Mei 2023 / Dilihat : 134

Kotamobagu - Kepala Dinas PRKP Kotamobagu, Chelsia Paputungan, ST.,ME. hadir dalam Pembukaan Innovative Government Award (IGA) Tahun 2023 di Ruang Rapat Bappelitbangda Kotamobagu, Kamis (11/5/2023).

Dibuka langsung oleh Wali Kota Kotamobagu, Ir. Tatong Bara, bersama Sekretaris Daerah, Sofyan Mokoginta, SH.,ME. Para Asisten serta Kepala Dinas/ Badan/ Bagian di Lingkungan Pemerintah Kota Kotamobagu.

Sekaligus pemaparan Inovasi dari Dinas PRKP Kotamobagu yang dipaparkan oleh Kepala Dinas PRKP Kotamobagu didampingi Penata Kelola Perumahan Ahli Muda, Ervan Latief,ST.,ME. dengan judul Inovasi Sistem Pengendalian dan Pemantauan Alat Penerangan Jalan (SIPELITA). 

Penerangan Jalan Umum merupakan salah satu bagian dari utilitas dalam menunjang perumahan dan/ atau kawasan permukiman, dimana urusan ini menjadi salah satu tugas pokok dan fungsi dari Dinas PRKP Kotamobagu. dalam menunjang pelaksanaan tugas pokok tersebut, Dinas PRKP Kotamobagu mengembangkan sebuah Aplikasi Pengendalian dan Pemantauan Alat Penerangan Jalan yang telah terintegrasi dengan lampu pintar (Smart Lamp) serta layanan pesan singkat yaitu Telegram. Pemanfaatan smart lamp ataupun layanan pesan singkat yang diintegrasikan dengan SIPELITA terkait penerangan jalan umum merupakan salah satu langkah penting dalam pencapaian konsep Smart City, dimana pengembangan Kota dengan berfokus pada pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi. Dalam konteks ini, integrasi teknologi tersebut pada pengelolaan penerangan jalan umum dapat membantu meningkatkan efisiensi dan efektivitas pengelolaan infrastruktur penerangan jalan. 

Dengan adanya Aplikasi SIPELITA masyarakat dapat membuat aduan secara realtime, serta laporan dapat langsung dilihat oleh petugas (admin).


Dirilis oleh Dinas PRKP Kotamobagu